Selasa, 14 Januari 2014

Pengantar Bisnis Informatika - E-Commerce dan E-Business

Nama : ANGGI SETYA PERKASA
NPM   : 50410833
KELAS : 4IA20

E-Commerce dan E-Business

1.                    Pendahuluan

Di era globalisasi ini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi masyarakat, khususnya untuk masyarkat dari golongan menengah ke atas. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan internet di masyarakat, timbul berbagai ide untuk memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan, maka dari itu timbullah e-bussiness atau e-commerce. Dengan e-commerce siapa saja dapat memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mempresentasikan produk dengan biaya yang lebih ringan dan jangkauan presentasi produk yang dapat mencapai seluruh dunia, disebabkan internet menghubungkan antara jaringan komputer di seluruh dunia. Electronic Commerce atau e-Commerce, merupakan bagian penting dari perkembangan teknologi dalam dunia Internet. Pemakaian sistem e-Commerce sangat menguntungkan banyak pihak, baik konsumen, maupun produsen dan penjual. Sistem e-Commerce di Indonesia kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang e-Commerce yang sebenarnya.

2.                       Internet

Internet adalah sebuah koneksi jaringan secara fisik dari jutaan komputer menggunakan protocol yang sama untuk sharing atau transmitting informasi. Dengan adanya internet pertukaran informasi semakin mudah dan murah. Sebagian masyarakat sekarang memanfaat internet ini untuk berbisnis / berniaga dalam menggunakan internet.

3.                    E-Commerce

E-Commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
Strategi – strategi yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis e-commerce adalah :
-       Pastikan anda membuat web dengan sekuritas yang aman, sehingga data – data penting dalam perusahaan dapat terlindungi.
-       Pastikan sistem anda selalu di maintenance secara teratur dan berkala agar celah  sekecil apapun dapat segera di tanggulangi.
-       Promosikan produk anda secara kreatif, sehingga banyak orang dapat tercuri perhatiannya dengan produk anda.
-       Dalam membuat sebuah produk, pastikan dahulu kebutuhan masyarakat, lalu buatlah inovasi akan produk anda sehingga lebih bermanfaat.
-       Selalu melakukan riset pada produk anda, agar produk anda tidak dapat di jatuhkan oleh produk saingan anda.

4.                    E-Business

E-Business atau Electronic business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

5.                    Teori (Menurut Para Ahli)

E-commerce
·           Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapatwebsite yang dapat menyediakan layanan "get and deliver" (http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.docdiakses tanggal 22 April 2007).  
·           Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah: “E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprise, consumers, and communities through electronic transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”. E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2). 
·           Roger Clarke dalam “Electronic Commerce Definitions” menyatakan bahwa e-commerce adalah “The conduct of commerce in goods and services, with the assistance of  telecomunications and telecomunications-based tools”  (e-commerce adalah tata cara perdagangan barang dan jasa yang menggunakan media telekomunikasi dan telekomunikasi sebagai alat bantunya) (http://www.anu.edu.au/people/Roger.Clarke/ EC/ECDefns.html, diakses tanggal 22 April 2007)

E-business
·                E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002).
·                Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000).
·                E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
·                E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)

6.                    Analisa dan Prngalaman Pribadi
Menurut saya pengertian dari E-commerce itu adalah suatu kegiatan dimana terdapat seorang penjual dan seorang pembeli yang saling terkait dalam melakukan transaksi penjualan maupun pembelian melalui internet yang secara online tanpa harus sulit bertemu langsung jauh-jauh. Hal ini memberikan kemudahan kepada masing-masing pihak antara si penjual dan si pembeli. Penjual mendapat keuntungan yaitu tidak perlu sulit untuk menginformasikan secara langsung ke para pembeli cukup mencantumkan foto, keterangan, harga dari produk yang akan dijualnya. Lalu pembeli pun juga mendapat keuntungan yaitu tidak perlu datang ke toko si penjual itu. Cukup hanya memilih dan memesan produk yang diinginkan, lalu transfer uang ke rekening si penjual dan pembeli tinggal menunggu sampai barang / produk yang dibeli sampai ke tempatnya.
Pengalaman dalam e-commerce ini saya pernah membeli dari mulai kaos jersey bola, aksesoris kelengkapan untuk pengendara motor (sarung tangan, masker, body protector, jas hujan), hingga barang pribadi seperti barang yang unik untuk dimiliki yang sulit untuk dicari dimana-mana secara online.
Menurut saya pengertian dari E-Business itu adalah suatu kegiatan bisnis yang di lakukan dalam internet. Tidak saja melakukan sesuatu pembelian, penjualan dan jasa, tetapi pelayanan dengan pelanggan dan melakukan pekerja tersebut dengan rekan-rekan bisnis yang sudah membangunnya bersama-sama.
Pengalaman dalam E-business ini jujur saja saya sama sekali belum pernah melakukannya, kecuali dalam membeli barang-barang secara online saya sering melakukannya.

Referensi

-   http://butuhbelajar.blogspot.com/2010/10/pengertian-dan-model-model-e-business.html
-       http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/06/pengertian-e-commerce.html
-       http://elektroundip2002.files.wordpress.com/2008/02/tugas-1-e-bisnis.pdf
-       http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
-       http://yahuuu.wordpress.com/.../latar-belakang-e-commerce/

-       http://blog.ub.ac.id/imagine/2011/03/16/e-commerce-sebuah-pendahuluan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar