Nama : ANGGI SETYA PERKASA
NPM : 50410833
KELAS : 4IA20
E-Commerce dan E-Business
1.
Pendahuluan
Di era globalisasi ini,
internet telah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi masyarakat, khususnya untuk
masyarkat dari golongan menengah ke atas. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan
internet di masyarakat, timbul berbagai ide untuk memanfaatkan internet sebagai
sarana untuk mendapatkan keuntungan, maka dari itu timbullah e-bussiness atau
e-commerce. Dengan e-commerce siapa saja dapat memanfaatkan internet sebagai
sarana untuk mempresentasikan produk dengan biaya yang lebih ringan dan
jangkauan presentasi produk yang dapat mencapai seluruh dunia, disebabkan
internet menghubungkan antara jaringan komputer di seluruh dunia. Electronic Commerce atau e-Commerce, merupakan bagian penting dari
perkembangan teknologi dalam dunia Internet. Pemakaian sistem e-Commerce
sangat menguntungkan banyak pihak, baik konsumen, maupun produsen dan penjual.
Sistem e-Commerce di Indonesia kurang populer, karena banyak pengguna
internet yang masih meragukan keamanan sistem ini yang disebabkan karena
kurangnya pengetahuan tentang e-Commerce yang sebenarnya.
2.
Internet
Internet adalah sebuah
koneksi jaringan secara fisik dari jutaan komputer menggunakan protocol yang
sama untuk sharing atau transmitting informasi. Dengan adanya internet
pertukaran informasi semakin mudah dan murah. Sebagian masyarakat sekarang
memanfaat internet ini untuk berbisnis / berniaga dalam menggunakan internet.
3.
E-Commerce
E-Commerce adalah
electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang
menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi
elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
Strategi – strategi yang harus
dilakukan dalam menjalankan bisnis e-commerce adalah :
- Pastikan anda membuat web dengan
sekuritas yang aman, sehingga data – data penting dalam perusahaan dapat
terlindungi.
- Pastikan sistem anda selalu di
maintenance secara teratur dan berkala agar celah sekecil apapun dapat
segera di tanggulangi.
- Promosikan produk anda secara
kreatif, sehingga banyak orang dapat tercuri perhatiannya dengan produk anda.
- Dalam membuat sebuah produk,
pastikan dahulu kebutuhan masyarakat, lalu buatlah inovasi akan produk anda
sehingga lebih bermanfaat.
- Selalu melakukan riset pada produk
anda, agar produk anda tidak dapat di jatuhkan oleh produk saingan anda.
4.
E-Business
E-Business atau Electronic business adalah kegiatan bisnis
yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan
teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan
suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani
kepuasan pelanggan secara lebih baik.
5.
Teori (Menurut Para Ahli)
E-commerce
·
Menurut Mariza
Arfina dan Robert Marpaung e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat
diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapatwebsite yang
dapat menyediakan layanan "get and deliver" (http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.docdiakses
tanggal 22 April 2007).
·
Menurut David Baum, pengertian e-commerce adalah:
“E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business
process that link enterprise, consumers, and communities through electronic
transactions and the electronic exchange of goods, services, and information”.
E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses
bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang
dilakukan secara elektronik (David Baum dalam Onno W. Purbo, 2000 : 2).
·
Roger Clarke dalam “Electronic Commerce
Definitions” menyatakan bahwa e-commerce adalah “The
conduct of commerce in goods and services, with the assistance of
telecomunications and telecomunications-based tools” (e-commerce adalah
tata cara perdagangan barang dan jasa yang menggunakan media telekomunikasi dan
telekomunikasi sebagai alat bantunya) (http://www.anu.edu.au/people/Roger.Clarke/
EC/ECDefns.html, diakses tanggal 22 April 2007)
E-business
·
E-business adalah praktek
pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk,
pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan
penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data
yang telah terkomputerisasi. (Steven
Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002).
·
Definisi e-business menurut
IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk
memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses
yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000).
·
E-business meliputi semua
hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke
konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases
in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
·
E-business adalah mengenai
penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang
dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang
secara online baik retail maupun grosir. (Samantha
Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)
6.
Analisa dan Prngalaman Pribadi
Menurut saya pengertian dari E-commerce itu adalah suatu kegiatan dimana terdapat seorang
penjual dan seorang pembeli yang saling terkait dalam melakukan transaksi
penjualan maupun pembelian melalui internet yang secara online tanpa harus
sulit bertemu langsung jauh-jauh. Hal ini memberikan kemudahan kepada
masing-masing pihak antara si penjual dan si pembeli. Penjual mendapat
keuntungan yaitu tidak perlu sulit untuk menginformasikan secara langsung ke
para pembeli cukup mencantumkan foto, keterangan, harga dari produk yang akan
dijualnya. Lalu pembeli pun juga mendapat keuntungan yaitu tidak perlu datang
ke toko si penjual itu. Cukup hanya memilih dan memesan produk yang diinginkan,
lalu transfer uang ke rekening si penjual dan pembeli tinggal menunggu sampai
barang / produk yang dibeli sampai ke tempatnya.
Pengalaman dalam e-commerce ini saya pernah membeli dari
mulai kaos jersey bola, aksesoris kelengkapan untuk pengendara motor (sarung
tangan, masker, body protector, jas hujan), hingga barang pribadi seperti
barang yang unik untuk dimiliki yang sulit untuk dicari dimana-mana secara online.
Menurut saya pengertian dari E-Business itu adalah suatu kegiatan bisnis yang di lakukan dalam
internet. Tidak saja melakukan sesuatu pembelian, penjualan dan jasa, tetapi
pelayanan dengan pelanggan dan melakukan pekerja tersebut dengan rekan-rekan
bisnis yang sudah membangunnya bersama-sama.
Pengalaman dalam E-business ini jujur saja saya sama sekali
belum pernah melakukannya, kecuali dalam membeli barang-barang secara online saya sering melakukannya.
Referensi
- http://butuhbelajar.blogspot.com/2010/10/pengertian-dan-model-model-e-business.html
- http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/06/pengertian-e-commerce.html
- http://elektroundip2002.files.wordpress.com/2008/02/tugas-1-e-bisnis.pdf
- http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
- http://yahuuu.wordpress.com/.../latar-belakang-e-commerce/
- http://blog.ub.ac.id/imagine/2011/03/16/e-commerce-sebuah-pendahuluan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar