Selasa, 14 Januari 2014

Pengantar Bisnis Informatika - Strategy of Information Integration (SII)

Nama : ANGGI SETYA PERKASA
NPM   : 50410833
KELAS : 4IA20

SII (Strategy of Information Integration)

1.            Pendahuluan

Di jaman sekarang, SII (Strategy of Information Integration) dirasakan perlu untuk menyelesaikan integrasi sistem yang tidak berhasil. Karena salah satu permasalahan rumit yang kerap dijumpai para praktisi teknologi informasi adalah ketika menghadapi tantangan dimana sejumlah sistem informasi yang berbeda harus diintegrasikan. Peristiwa yang dimaksud misalnya terjadi pada saat aktivitas merger dan akuisisi, penggabungan satu atau dua institusi pemerintahan, kerjasama program berbasis lintas sektoral, dan lain sebagainya. Tanpa  adanya strategi yang jelas, maka sering kali kegiatan integrasi sistem tersebut menemui jalan buntu, atau tidak berhasil. Kunci permasalahan terjadinya fenomena tersebut pada dasarnya terletak pada kesalahan pemilihan pendekatan atau metodologi proses terkait. Dalam menghadapi tantangan ini, metodologi yang dipergunakan harus mampu menjawab berbagai kendala teknis maupun non teknis yang sering dijumpai pada setiap isu penggabungan. Artinya, metodologi yang dipakai harus dibangun dengan memperhatikan berbagai aspek yang dimaksud tersebut.
Maka dari itu perlu adanya SII (Strategy of Information Integration) yang berarti Strategi Integrasi Informasi agar penyelesaian dari integritas sistem tersebut tidak lagi mendapatkan jalan buntu.


2.            Informasi

            Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

3.            Strategi Integrasi

Strategi Integrasi merupakan sebuah rencana integrasi ke depan, integrasi ke belakang,  dan integrasi horizontal kadang semuanya disebut sebagai integrasi vertikal. Strategi integrasi vertikal memungkinkan perusahaan dapat mengendalikan para distributor, pemasok, dan / atau pesaing.


3.1.      Jenis Strategi Integrasi

Strategi integrasi dibedakan menjadi 4, yaitu:

1.        Integrasi ke depan (Forward Integration) merupakan strategi untuk memperoleh kepemilikan atau meningkatkan kendali atas distributor atau pengecer.
2.        Integrasi ke belakang (Backward Integration) merupakan strategi untuk mencari kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok.
3.        Integrasi horisontal (Horizontal Integration) merupakan strategi untuk mengendalikan para pesaing.
4.        Integrasi Vertikal (Vertical Integration) merupakan strategi yang menghendaki perusahaan melakukan penguasaan yang lebih atas distributor, pemasok dan atau para pesaing baik melalui merjer, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri.


3.2.      Tahap Strategi Integrasi

Ada 6 tahap integrasi, antara lain :

·                      Tahap I: Eksploitasi Kapabilitas Lokal
Pada tahap ini, perlu dilaksanakan pengembangan kapabilitas dari sistem informasi masing-masing organisasi. Agar dapat memahami secara benar batasan maksimal kemampuan sistem informasi dalam menghasilkan kebutuhan manajemen strategis dan operasional organisasi yang bersangkutan. Hasil dari tahap ini adalah pemahaman dari keunggulan dan keterbatasan sistem informasi dari masing-masing organisasi dan segenap pihak yang bekerjasama.

·                     Tahap II: Lakukan Integrasi Tak Tampak
Setelah Tahap I dilakukan, maka tahap berikutnya adalah saling tukar-menukar sistem informasi yang telah di fikirkan. Kemudian organisasi-organisasi yang terlibat berkumpul untuk memikirkan kepentingan-kepentingan menuju keberhasilan. Hasil dari tahapan ini adalah kesadaran dan kepercayaan untuk menemukan solusi.

·                      Tahap III: Kehendak Berbagi Pakai
Tahap berikutnya, mengevaluasi seberapa efisien dan optimumkah solusi yang telah didapat dari tahap sebelumnya dalam keterkaitannya dengan sumber daya organisasi. Dan pada tahap ini, telah mulai menentukan apa saja yang digunakan dalam masing-masing organisasi. Hasilnya adalah mulai bergesernya pemikiran-pemikiran yang didominasi oleh faktor emosional.

·                      Tahap IV: Redesain Arsitektur Proses
Pada Tahap ini CIO akan mengkaji terlebih dahulu, kemudian merancang arsitektur proses baru yang akan dipresentasikan kepada petinggi-petiggi organisasi. Hasil dari tahap ini adalah kesepakatan untuk melakukan kolaborasi dengan memperhatikan nilai dari pemegang kepentingan utama dari seluruh organisasi yang berkolaborasi.

·                      Tahap V: Optimalkan Infrastruktur
Hasil dari tahapan ini adalah sebuah sistem informasi terpadu yang dapat bekerja secara efektif melayani berbagai kepentingan dari berbagai sudut.

·                      Tahap VI: Transformasi Organisasi
Maksud tahapan terakhir ini adalah mentransformasikan masing-masing organisasi yang diakibatkan dari dinamika kebutuhan lingkungan eksternal organisasi yang adaptif terhadap berbagai perubahan.

4.            Analisa dan Pengalaman Pribadi

Pengalaman pribadi saya tentang Strategy of Information Integration adalah saya pernah melakukannya sebagai penjual dari salah satu produk dimana saya sebelum mengetahui teknik SII ini, saya kebingungan karena harus melakukan apa terlebih dahulu dan bagaimana supaya usaha saya dapat maju dan bertahan lama. Alhasil, usaha saya tidak diteruskan kembali dikarenakan belum mengetahui teknik SII ini dengan baik dan benar. Memang awalnya saya membuka usaha tersebut iseng-iseng saja tetapi yasudah lah apa boleh buat saya telat mengetahui teknik ini.  Setelah saya mempelajari beberapa dari teknik SII ini saya jadi tahu pentingnya menyusun sebuah strategi dengan menggabungkan informasi yang diintegrasikan dengan baik agar usaha anda dapat berjalan dengan baik dan dapat bertahan lama.

Referensi :
-       http://perpus.yipd.interaksi.web.id/sub/articledetail/Evolusi-Strategi-Integrasi-Sistem-Informasi-Ragam-Institusi-Kiat-Memecahkan-Permasalahan-Politis-dalam-Kerangka-Manajemen-Perubahan

-       http://www.docstoc.com/docs/37143778/EVOLUSI-STRATEGI-INTEGRASI-SISTEM-INFORMASI-RAGAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar